Translate

Sabtu, 22 Agustus 2015

PUNCAK PINUS SUKAMAKMUR BOGOR

Pagi 09 Agustus 2015 kami berempat sekitar jam 06.30 sudah meninggalkan markas MBJ Bekasi , dengan cuaca cerah dan udara yang masih segar kami nikmati setiap kayuhan sepeda dengan penuh semangat menuju Kawasan Wisata Pinus yang melegenda dan telah menjadi pecapaian serta tantangan tersendiri bagi pecinta olah raga sepeda khusunya MTB .

Jalur yang akan kami lewati pagi ini adalah jalur Cibarusah - Jonggol - Cariu - Gunung Batu - Puncak Pinus Sukamakmur , namun saat sampai di daerah Cibarusah kami bertemu salah satu rekan kami yaitu Pak Muhlis yang sedang gowes menuju Cigekbrong .
Setelah ampai di daerah Mengker kami berpisah Pak Muhlis belok ke kanan menuju ke Cigekbrong dan kami lurus kearah Cianjur menuju Cariu .
Nah...setelah sampai papan peunjuk arah ini kami belok ke kanan menuju arah Gunung Batu Puncak2 melewati jalan Mekar wangi daerah Karya Mekar.

Dari sini tanjakan mulai terasa berat karena setelah Cariu tadi belum ada turunan sama sekali.
Setelah sampai papan petunjuk arah yang berikutya maka kami ambil arah ke kanan menuju Gunung Batu1-2 Sukamakmur , arah ini akan membawa kita menuju Gunung Batu dan selanjutnya menuju puncak pinus melewati desa Wargajaya kecamatan Sukamakmur.

Bila sudah melewati Gunung Batu maka kami harus melanjutkan lagi perjalanan menuju Kawasan wisata Pinus.
Semakin naik semakin berat saja perjalanan yang kami tempuh , karena tanjakan yang ada justru semakin tinggi , hingga memaksa kami istirahat sejenak di depan kator desa Wargajaya , yang kebetulan ada bale-bale beratapkan tenda biru yag cukup adem buat dinginkan dengkul yang mulai panas.

Hampir seperempat jam kami istirahat di depan kantor desa Wargajaya , dan setelah dirasa cukup kamipun mulai lagi perjalanan ini .
Belum ada setengah jam kami lanjutkan gowes azzan zuhur mulai terdengar di kejauhan , wah....pas banget nih...nafas mulai ngap-ngapan dan dengkul sudah terasa lemes....sudah...kita cari dulu musholla buat istirahat dan sholat.
Sekitar setegah jam waktu berlalu untuk istirahat kini saatya perjalanan dilanjutkan kembali. Entah berapa banyak kami berhenti utuk istirahat , yang pasti kami harus sampai di puncak Pinus bersama walau harus melewati tanjakan yang super ngehek.

Walau dengan susah payah ahirnya sekitar jam 14.00 kami sudah sampai di Kawasan wisata Pinus total sekitar 47 km dari MBJ , dan tempat kami berfoto ini sebearnya adalah pertigaan bila ke kanan akan menuju curug Ciherang , namun bila ke arah kiri akan menuju ke arah curug Cipamingkis.

Sebagai kenang-keangan kami sempatkan berfoto di seberang pertigaan Pinus ini.

Setelah puas kami berfoto di pertigaan Pinus , segera kami menuju sebuah rumah makan di dekat kami berfoto untuk mengisi perut yang sudah dari tadi kerocongan minta diisi.

Sambil menunggu makan siang  yang kami pesan , kami sempatkan melihat-lihat keindahan pemadagan di sekitar Rumah Makan yang salah satunya adalah adanya kolam ikan yang berada di halaman , waduh.....ikannya gede-gede banget bikin kami betah dan ingin berlama-lama di situ.

Tak lama berselang makanan dan minuman yang kita pesan sudah datang , tanpa menunggu lama dengan lahapnya semua habis dengan waktu yang singkat , tenang.....semua sudah di bayarin pak Warto , mantab.....pak Warto sering-sering saja ya... pak .

Saking enaknya istirahat tak terasa jam hampir menunjukkan pukul 15.15 , saatya kami segera beranjak pulang menuju MBJ agar tidak kemalaman di jalan , karena pulangnyapun kita masih tetap menggowes.
Untuk jalur pulangnya kami mengambil arah yang berbeda saat keberangkatan yaitu kami lewat daerah Paledang - Jonggol , karena didominasi turunan maka kami sampai di MBJ Bekasi sekitar Jam 17.45 atau sekitar 2,5 jam perjalanan termasuk istirahat 1 kali untuk sholat asar.

Entah kapan lagi kami akan ke Pinus lagi......