Translate

Jumat, 13 Juni 2014

MBJ GOWES TOUR TREK CAPOLAGA CIATER SUBANG 2014

Ahir bulan Mei 2014 tepatnya tanggal 31 adalah hari dimana kami yang tergabung dalam komunitas pecinta olahraga sepeda sehat MBJ GOWES menjadikan hari itu menjadi hari luar biasa , karena yang biasanya kami gowes di sekitar Jonggol , Cileungsi , Cibarusah dan sekitar Kab. Bekasi maka kali ini kami serombongan sengaja keluar kota yaitu ke daerah Subang Tepatnya daerah Ciater .

Jum'at malam tanggal 30 Mei 2014 kami adakan persiapan menjelang keberangkatan , sengaja kami berangkat malam hari dengan tujuan agar tiba dilokasi yaitu Villa Chava Ciater tempat kami menginap pas dini hari atau pagi hari sebelum subuh , jadi ada jeda waktu sedikit kami untuk istirahat.

Kira-kira jam 23.00 WIB kami berangkat meluncur ke Ciater , Subang Jawa Barat , setelah sebelumnya kami breaving dan berdo'a dengan harapan kegiatan kali ini diberikan kelancaran dan keselamatan dari berangkat hingga pulang kerumah masing-masing .

Setengah perjalanan lebih ahirnya kami sampai di daerah Jati Wangi , terlihat ada sebuah warung agak luas di pinggir jalan , lumayanlah untuk sekedar ngopi atau menyedu mie buat hilangkan ngantuk dan penat selama perjalanan .
Setengah jam lebih kami istirahat kini saatnya perjalanan kembali kami lanjutkan dengan kondisi yang lebih fit lagi .

Sabtu kira-kira jam 03.00 kami telah sampai di daerah Ciater Subang , karena masih terlalu  pagi kami tidak langsung menuju Villa dimana kami menginap nanti , namun karena di dekat Villa ada sebuah masjid yang lumayan besar maka kami serombongan banting setir belok ke area parkir masjid untuk istirahat sebentar sambil menunggu waktu subuh tiba .

Waktu cepat berlalu subuh telah kita jalani bersama , kini saatnya persiapan tempur dilaksanakan yaitu sarapan Nasi Timbel , kentang goreng , ayam goreng , sambel terasi ,oseng teri dan pepes ikan , suasana lebih natural dan alami dengan lesehan tanpa alas apapun ( karena gak bawa tiker ), dasar perut yang lapar ketemu jodohnya , ya....udah.. langsung sikat habis tanpa nunggu komando nasi sebakul ludes tinggal daunnya .

Setelah sarapan selesai kini saatnya pemanasan otot-otot sebelum melakukan olahraga gowes agar nanti tidak terjadi kejang otot atau keram , metodenyapun beda-beda ada yang lari-lari kecil sambil melakukan peregangan , ada pula dengan memoles kaki dengan balsem atau sejenisnya ( metode ini dianggap paling cocok bagi penggunanya karena praktis cepat panas / cocok untuk yang sudah ber umur ) .

Saat persiapan berlangsung ada pihak security Arra Hotels tempat kami mampir parkir menawarkan untuk jadi marshal di acara gowes ini , tentu saja setelah jam tugasnya selesai yaitu jam 07.00 . Dan ahirnya kesepakatanpun terjadi dan kami langsung saja bergegas menuju Villa Chava tempat kami menginap nanti untuk menitipkan mobil dan perlengkapan yang lain .

Sebelum berangkat gowes sehat , seperti biasa ada breaving dan pengarahan dari Bapak Komandan Sukamto serta di tutup dengan do'a bersama agar acara kita kali ini diberikan kelancaran dan keselamatan .

Kami keluar dari Villa dan start jam 06.30 menuju Arra Hotels dimana Marshal telah menunggu disana .
Saat keluar dari Villa hingga sampai Arra Hotel tanpa ampun kami langsung disuguhi tanjakan yang ngehek  dengan total jarak kira-kira 3.5 km . Memang ngehek bener samapi-sampai sepeda salah satu anggota ( Pak Dede ) mengalami masalah saking semangatnya menggowes .

Saking semangatnya  pula salah satu anggota  ada yang kembung perutnya dan ada pula yang pinggangnya sampai over heat , jadi perlu dikipasi biar adem lagi  ( ati-ati om ....awas ada yang keluar dari belakang ) .

Sambil istirahat sebentar di pintu gerbang ahirnya Marshal dari security Arra Hotelspun tiba sambil memberikan rencana rute yang akan kami tempuh , dengan tujuan air terjun atau  Curug di kawasan wisata Kapolaga Ciater , tepatnya dibalilik bukit kebun teh dengan jarak kira-kira 15 km - 20 km dari Arra Hotels.

Om Yono dan pak Rijal Aziz lagi narsis foto berdua di Perkebunan Nusantara VIII Ciater

Sambil istirahat dan menunggu Pak Shohiboel yang lagi di urut Pak Deden karena terkena keram di kaki , MBJ Goweser foto bareng buat kenang - kenangan mantab kan .....

Setelah dirasa cukup kami  istirahat tanpa buang waktu sepdapun kami gowes kembali karena perjalanan masih jauh .

Secara umum alam perkebunan ini cukup indah dan sejuk walau matahari terik namun tidak terasa panas menyengat , jadi gowes makin enjoe dan semangat .

Sampai di depan Kantor Afdeling PT . Perkebunan Nusantara VIII Ciater kami istirahat sebentar sambil menunggu aggota yang lain pada kumpul untuk selanjutnya kami teruskan perjalanan selanjutnya , dan untuk kali ini berawal dari Kantor Afdeling perjalanan agaknya makin seru saja karena jalanan yang akan kami lewati menurun puanjaang......sekali , makanya pada nyengir melihat turunan karena sebelumnya hampir seluruh perjalanan menanjak terus ( MBJ Goweser Hoby turunan dan Raja tanjakan bisa kec. 60 km/jam [ naik ojeg ] ) .

Bagai melihat air di padang pasir MBJ Goweser melibas turunan seolah balas dendam dengan tanjakan-tanjakan yang melelahkan sebelumnya , melesat bagai kilat tanpa rem , hingga beberapa diantara kami ada yang kebablasan saking terlenanya dengan turunan . Namun walau dengan susah payah naik lagi ke lokasi ,  nampaknya jadi bumbu cerita yang mengasyikkan dan betapa konyolnya MBJ ini karena selalu saja ada yang ilang nyasar atau kebablasan , pokoknya seruuuu......

Kawasan wisata kapolaga ini sebenarnya ada dua Curug yang bisa di kunjungi oleh wisatawean yaitu Curug Sawer Karembong yang lokasinya berada di atas dari pintu masuk lokasi dan yang ke dua adalah Curug Goa Badak yang lokasinya berada di bawah pintu masuk lokasi wisata Kapolaga ini .

Curug yang ada sebenarnya tidak terlalu besar dan tinggi namun alam sekitarnya benar-benar asri , sejuk dan masih alami sekali .

Pak Mamat mencoba turun dan melihat lebih dekat aliran air sungai yang bening dari bawah jembatan .

MBJ Goweser foto bersama buat koleksi calender tahun 2015 .

Menjelang kita akan meninggalkan lokasi wisata kapolaga ternyata ban sepeda Bapak Komandan Sukamto ternyata bocor , tanpa menunggu lama pak Dodo dengan dibantu rekan yang lain segera tangani dengan cekatan . Selanjutnya perjalanan Gowes sehat dilanjut menuju Villa Chava dengan rute kampung dan sawah-sawah .

Rute trek nyasar di sekitar daerah Sagala Herang Subang ( rekor terjauh ) .

Pas pada puncak tanjakan 200 , rantai sepedaku putus tepat di hadapan pak Dokter Dodo sang ahlinya sepeda . Walau terlihat masih kelelahan dan letih dengan sabar Pak Dodo menangani sepedaku penuh konsentrasi dan ketelitian .

Ini namanya trek terkapar ria ( Walau terkapar tapi tetep ceria ) .

Terlihat bukan sepeda saja yang terkapar namun yang gowes lebih parah lagi sampe-sampe tertidur pulas ( hoe....pak...pak...pak Marmo bangun....bangun ..dah mau berangkat nih...)

Om Yono lagi nunggu yang pada nyasar , kasihan.......ya...kok pada nyasar sih.......?
Ahirnya kami tiba di lokasi Villa kembali sekitar jam 12.30 .

Suwasana di villa Ciater klik video dibawah.

Dipagi harinya acara bebas diisi dengan jalan-jalan serta main bola plastik di lapangan mini samping Villa .

Sekitar jam 08.00 usai packing perlengkapan yang di bawa masing-masing , kami sempatkan bercengkrama sejenak mengulas perjalanan Mbj Gowes dalam tour trek di Ciater Subang kali ini .

Sangking asyiknya mendengar rekan lain bercengkrama sampai-sampai Pak Dodo tertidur pulas sambil bersandar di tiang teras Villa .

Kini saatnya kami berangkat kembali pulang ke Bekasi , di awali dengan seksama berdo'a yang di pimpin oleh Pak Komandan Sukamto .

Sebelum masuk pintu tol Cikampek Rombongan mampir dulu ke warung Jajanan dan oleh-oleh di tepi jalan , lumayan buat beli tentengan untuk para istri di rumah biar acara tour trek berikutnya di ijinin dan ikut lagi .....

Nah apalagi yang ini makin mantab saja tour kali ini , mampir di Warung "Sate Maranggi Haji Yetty" Cibungur Purwakarta , wow.......bener-bener maknyusssssss......bagi yang kurang boleh nambah asal bayar sendiri.....ok....

Tidak ada satu jam dari pintu tol Cikampek ahirnya kami sampai juga di MBJ lagi , kira-kira waktu itu jam 13.15 dan di lanjut unloading sepeda di Blok A Gang Safir 3 , karena lokasi ini adalah berada di tengah-tengah dimana para MBJ Goweser tinggal .

Banyak cerita dan pengalaman selama perjalanan di acara Tour Trek MBJ Gowes kali ini  , semoga diacara-acara MBJ mendatang lebih merih , lebih seru , lebih menyenangkan dan yang pasti tetap semangat dalam kebersamaan .