Translate

Sabtu, 24 Mei 2014

TREK CIBARUSAH-PABRIK SUSU KAMBING ETAWA JONGGOL

Minggu 18 Mei 2014 pagi seperti biasa ditiap minggunya kami kumpul di depan ruko MBJ ( Mutiara Bekasi Jaya ) mengadakan acara Gowes rutin mingguan , walau tidak weajib bagi para anggota namun di tiap-tiap kesempatan  peserta yang ikut lebih dari 10 orang , ini berarti menandakan acara Gowes sehat masih eksis dan banyak diminati , karena tidak hanya sehat saja namun dengan sarana ini kami jadi banyak teman , saling mengenal  penuh keakraban dan kekeluargaan . Sepertinya acara kali ini kami dapat anggota baru dari blok D MBJ , walau cuma satu orang namun ini sangat berarti bagi kami karena semakin banyak anggota maka semakin kuat komunitas ini , dan semakin banyak lagi apa  yang dapat kita perbuat.

Sebelum berangkat ada briving dan do'a bersama agar acara kali ini diberikan sehat selamat dari berangkat hingga pulang ke rumah masing-masing , dan untuk kali ini pak Parta yang memimpin sekaligus sebagai komandan Gowes .

Perjalanan kami mulai  dari MBJ mengarah ke Cibarusah , namun sebelum Cibarusah yaitu daerah Cibutul kami belok kanan masuk kampung namanya apa aku juga tidak tau yang pasti sebelum perumahan TNI . Kemudian kami ikuti jalan desa menuju keluar dan bertemu dengan jalan cor yang nantinya jalan ini akan tembus ke Mini Market setelah pom bensin di jalan raya Cibarusah menuju Cibucil.

Dari pertigaan Cibucil kami menyeberang dan disitu ada jalan kecil menuju keselatan , selanjutnya kami ikuti jalan ini menuju ke selatan dengan ekstra hati - hati karena jalannya menurun tajam dan sangat licin karena memang semalam nampaknya habis diguyur hujan . Habis turunan lenyap kini tinggal tanjakan yang lumayan ngehek ......., dan kamipun harus berhenti saat posisi telah aman berada di atas tanjakan untuk mengatur nafas yang ngos-ngosan , maklum dah pada tua-tua.

Dari jalur utama jalan aspal kami masuk ke kiri ke area kebun dan perumahan warga yang ahirnaya sampailah kami di sebuah masjid tepat di depan pabrik susu kambing etawa berada . Sengaja kami tidak mampir ke dalam pabrik untuk cicipi susu kambing hasil olahannya , karena beberapa bulan yang lalu sempat waktu itu kami mampir masuk dan cicipi susu kambing yang ada , namun karena beberapa sebab diantara kami ada yang muntah karena tak tahan bau dan inget sama kambingnya . ( gak cocok susunya ).

Tepat di depan pintu gerbang pabrik susu kambing tersebut kami istirahat sejenak sambil bersihkan ban yang lengket dengan tanah liat karena treknya kebon-kebon dan ditambah semalam hujan lumayan gede .

Setelah dirasa cukup istirahatnya maka perjalanan ini kami lanjut kembali setelah sebelumnya kami sempatkan foto bersama .
Dari lokasi pabrik susu kami ikuti jalan didepan pabrik menuju ke selatan hingga bertemu jalan aspal yang cukup bagus walau agak menanjak cukup landai namun panjang , kalau tidak bisa atur strategi maka tenaga akan terkuras disini .

Saat beberapa kilo meter berlalu melahap tanjakan tiba-tiba pak Gimin minta istirahan dulu sambil nyelonjor dan pura - pura terkapar di jalan mengharap bantuan datang , dan dengan sigap pak Parta segera memberi pertolongan pertama pada kecekakaan / ketawa ( ini hanya pura-pura buat candaan aja biar gak tegang , maklum di rumah lagi kurang hiburan ) .

Team segera lanjutkan perjalanan dengan langsung masuk ke arah kebon sebelah kanan jalan yang nantinya akan membawa kami tembus ke jalan Cipanas. Perjalanan ini di mulai dengan berposenya empat sekawan yang berfoto penuh semangat..

Area kebon yang kami lewati memang cukup indah dengan tanaman kopi , manggis , pohon melinjo dan pohon -pohon lain yang gak tau namanya aku , namun trek yang kami lewati ini agak menanjak dengan kondisi tanah yang tidak rata akibatnya sepeda pak Sulangi karena salah mengoper gigi belakang maka rantai di  RD loncat dan menyangkut jari-jari hingga antingnya bengkok ke dalam , terpaksa perjalanan ditunda untuk benerin sepeda pak Sulangi dulu .
Beberapa saat berlalu ahirnya sepeda dapat dipakai kembali berkat tangan terampil pak Dodo sebagai Dokternya sepeda MBJGOWES .

Perjalanan berlanjut masih berkutat di kebon-kebon hingga kami temukan jalan kampung yang membawa kami menuju jalan aspal yaitu jalan daerah Cipanas , jalannya menanjak landai dengan kanan-kiri pohon yang asri sesekali ada satu hingga dua rumah berada di tepi jalan yang kami lewati sampai kami  bertemu sebuah warung di kanan jalan pas pertigaan kampung . Nah di sinilah bener-bener tempat istirahat yang cocok , karena disini ada teh manis dan goreng pisang yang anget , sangat cocok buatku karena memang tadi pagi belum sempet sarapan , lumayan buat ganjel perut yang kosong , apalagi perjalanan masih jauh dan pakai nanjak lagi .

Seper empat jam lebih kami istirahat di warung , biar tidak buang-buang waktu dan matahari belum panas maka bergegas kami lanjutkan gowes kali ini dengan tenaga dan semangat yang baru .

Kami susuri jalan Cipanas ini entah sampai berapa kilo hingga kamipun bertemu pertigaan bila ke kiri arah ke Sodong namun bila ke kanan arah Jonggol lewat tanjakan kebo modol . Karena agak siang dan target setengah hari dah berada dirumah maka kami putuskan untuk belok kanan balik pulang lewat Jonggol .
Sambil lewat pulang di dekat pertigaan Cibucil kamipun berhenti untuk makan siang di Warung Soto yang lumayan terkenal itu .

Lihat betapa lahapnya para Goweser MBJ lagi menikmati makan siang dengan soto yang panas hingga bikin keringat makin bercucuran lebih deras daripada saat gowes di tanjakan . Pokoknya Muantab....dan tetap semangat .