Translate

Minggu, 12 April 2015

WADUK JATILUHUR PURWAKARTA EXPEDITION

Minggu pagi 29 Maret 2015 tidak seperti minggu-minggu sebelumnya selalu ramai dengan para goweser MBJ , namun kali ini kami tunggu hingga jam 06.30 hanya 5 orang saja yang hadir , ternyata sebagian besar anggota yang lain pada kerja bakti di lingkungan masing-masing atau lagi pada gak enak badan dan batal ikut karena pagi ini kami akan buka jalur perdana trek MBJ ke Bendungan Waduk Jatiluhur Purwakarta.

Karena sudah beranjak siang kami berlima segera berangkat ke luar dari MBJ untuk memulai perjalanan ini , karena semakin pagi kami berangkat semakin cepat pula kami akan sampai .

Seperti biasa jalur yang kami lewati dari Cibarusah kota kami mengarah ke timur menuju jalan Loji hingga sampai bertemu pertigaan ke selatan arah ke Cibadak kamipun masuk menyusuri jalan ini dan masuk ke daerah Karangindah.
Dari karang indah kami lewati area persawahan dan masuk perkampungan warga hingga sampai di sebuah desa yang bernama Jaga Tamu dan keluar ke jalan raya Cariu arah Kec. Pangkalan.

Dari Kec. Pangkalan pas di pertigaan kami belok kanan mengikuti arah Jalan Loji Kec. Tegalwaru.
Tidak jauh dari Kec. Tegalwaru arah ke timur ini sebelum pasar Loji ada pertigaan di depan pos retribusi kami belok ke kiri ke utara mengikuti jalur truk pasir hingga masuk desa Kutamaneuh.

Di daerah Desa Kutamaneuh ini sungguh menawarkan pemandangan yang cukup indah di sepanjang sisi kanan - kiri jalan dengan background barisan gunung yang unik.

Jalan yang kami lewati selanjutnya mulai tidak bersahabat dari jalan nanjak , terjal hingga makadam , semuanya sungguh perpaduan yang sempurna penyebab dengkul jadi overheat . Namun yang bikin kami tetap semangat gowes adalah sepanjang jalur yang kami lalui selalu menawarkan pemandangan yang indah dan benar - benar baru  hingga kami sempatkan abadikan momen itu saat kami istirahat di sebuah Danau yang namanya Cibayat sembari bertanya ke salah seorang warga tentang keberadaan Waduk Jatiluhur .

Setelah istirahat sebentar dari Danau Cibayat ini ahirnya kami lanjut kembali karena dari informasi dari warga setempat yang berhasil kami temui jarak yang harus ditempuh masih jauh sekitar 1 jam naik motor , wadow....mantab ....aplagi ada jalan yang nanjaknya lumayan panjang seperti foto di bawah ini.

Tapi untung diatas tanjakan ada sebuh warung yang bikin lega kami semua , yang pasti teh manis anget plus makanan pengganjal perut buat doping gowes selanjutnya.

Dari warung kecil pinggir jalan lebih dari seperempat jam kami istirahat , ahirnya kami gowes kembali sepeda untuk lanjutkan perjalanan dengan tenaga dan semangat baru , namun jalan makin parah saja rasanya tanjakan makadam gak ada habisnya . Yah....istirahat lagi dah.....foto-foto.
 Sekitar jam10 sampai juga kami di waduk Jatiluhur , usai sudah pencarian lokasi Bendungan Waduk Jatiluhur ini , lega rasanya melihat hamparan air waduk seperti lautan yang dikelilingi pegunungan nan indah .....tidak sia-sia perjalanan ini.

Kami telusuri tanggul di pinggiran waduk sambil nikmati kanan-kiri pemandangan yang menajubkan ini.

Dan tepat di depan kantor Desa Kutamanah Kec. Sukasari , Purwakarta kami hentikan perjalanan kembali untuk mampir ke sebuah warung makan di tepian waduk guna mengganti energi dan tenaga kami yang terkuras habis.

Setelah pesen dan menunggu yang cukup lumyan lama , ahirnya hidangan nasi liwet dan ikan bakar yang ditunggu-tunggu datang juga ,wah.....dari aromanya mantab.......palagi setelah di coba memang bener-bener spesial rasanya ......aku yang biasanya gak pernah nambah , ahirnya tanpa malu-malu lagi beberapa centong nasi aku tampahkan di atas piringku.

Setelah istirahat makan dan sholat zuhur kira-kira jam 12.40 kami mulai perjalanan pulang  menuju MBJ Cibarusah Bekasi.
Baru beberapa menit berlalu kami menggowes , tiba-tiba rekan kami Pak Rijal mengalami trouble di sitepost sepedanya namun dengan cekatan semua masalah segera dapat diatasi oleh Pak Dodo dengan baik.

Di sepanjang tanggul waduk beberapa jepretan sempat aku ambil gambar  buat oleh-oleh rekan-rekan kami dari MBJ yang belum sempat ikut dalam perjalanan ekspedisi ini.

Terimakasih Pak Dodo atas requestnya hari ini yang sudi '' hanomboki '' gowees kali ini smoga beserta keluarga selalu diberikan kesehatan , lapang rejekinya , laris bengkel dan toko sepedanya amiin....